02 Januari 2009

Value Added Service Exclusive

Saat layanan suara dan SMS sudah menjadi suatu komoditas, apa lagi yang bisa dijadikan pembeda atau nilai tambah untuk sebuah produk selular? Layanan apa sajakah? Ada beragam pilihan dan ada banyak strategi untuk memenangkan persaingan, dan dari pilihan yang ada, sebenarnya bisa dipilah menjadi 2 macam, yaitu VAS umum dan VAS eksklusif.

VAS ( Value Added Service) adalah layanan tambahan diluar fungsi utama telepon yang telah menjadi komoditas. Dulu, SMS bisa disebut VAS, namun tidak lagi saat SMS pun telah menjadi layanan komoditas.

VAS umum adalah layanan tambahan yang bisa dilakukan operator manapun selama teknologinya memungkinkan. Contohnya saja layanan internet dan video call. Keduanya merupakan VAS umum yang kedepannya sangat mungkin berujung seperti SMS. Menjadi komoditas.

VAS eksklusif adalah layanan tambahan yang hanya dimiliki operator secara eksklusif dan menjadi trademark bagi merk tertentu, dalam arti, merk lain tidak boleh ikut - ikutan. Nilai eksklusifnya membuat suatu merk memiliki nilai lebih dimana tidak bisa dikomparasikan secara head to head dengan layanan operator lain.

Sayangnya, hingga saat ini tidak satupun operator yang menganggap VAS eksklusif ini penting sebagai alat berkompetisi. Pengembangan yang dilakukan pihak ketiga membuat nilai eksklusifnya menjadi hilang karena dapat diperjual belikan dengan mudah. Contohnya saja adalah layanan blackberry connect dimana layanan email hampir semudah SMS. Nilai eksklusifnya dimiliki sepenuhnya oleh Blackberry dan operator hanya mendapat bagian VAS umum. Telkomsel, Indosat, ataupun XL sama - sama menawarkan layanan yang sama, padahal secara finansial sebenarnya ada cukup modal untuk membuat VAS eksklusifnya sendiri, diluar Blackberry tentunya.

Sekarang coba peras otak kita untuk mengira - ira dan berkreasi. VAS apakah yang bisa secara khusus dimiliki operator tertentu dimana yang lain tidak bisa serta merta ikut - ikutan? Bisa?
by my esia